PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JTEXTFIELD, JBUTTON DAN JLABEL DI JAVA NETBEANS IDE 8.2 - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Rabu, 01 Mei 2019

PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JTEXTFIELD, JBUTTON DAN JLABEL DI JAVA NETBEANS IDE 8.2

Halo, Apa kabar? semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang pemrograman java pada IDE netbeans, tentang saja buat bagi kalian yang baru memulai atau baru belajar pemrograman java netbeans tidak perlu khawatir karena ulasan ini cocok banget buat kalian para pemula seperti saya yang ingin belajar java netbeans. Pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai komponen-komponen dasar swing pada java netbeans, namun pada kali ini kita akan bagi-bagi atau dibagi menjadi beberapa bagian dikarenakan banyaknya komponen pada swing. nah kali ini saya akan mengulas beberapa penggunaan komponen dasar swing yaitu class jtextfield, jbutton dan jlabel terlebih dahulu atau yang umum digunakan walaupun semua komponen swing memiliki peranan penting dan kegunaannya masing masing.


Pertama disini saya akan membagi menjadi dua tahapan agar kalian bisa lebih paham dan mengerti apa yang akan saya bahas. Pada tahapan pertama ini ada baiknya sebelum kalian membuat project sederhana untuk penggunaan class jtextfield, jbutton dan jlabel atau praktek penggunaan komponen swing, ada baiknya kalian mengetahui sedikit penjelasan dan fungsi dari komponen swing. Perlu diketahui Netbeans sebagai IDE ditujukan untuk memudahkan pemrograman Java. Dalam NetBeans pemrograman dilakukan berbasiskan visual dan event driven. Untuk membuat dialog atau user interface tidak diperlukan untuk membuat teks program baris per baris secara manual malainkan cukup memilih dengan melakukan klik pada component pallete dan teks program akan di generate secara otomatis.

Penjelasan komponen swing: Class JTextField, JButton dan JLabel 


  • Class JTextField digunakan sebagai salah satu obyek untuk memasukkan atau menampilkan string. Suatu user interface mempunyai bentuk dasar yang sederhana yaitu tempat untuk mengisikan sesuatu, yang dapat diwakili oleh Class JTextField. JTextField merupakan area baris tunggal (sigle-line area) dimana melalui obyek text field, pengguna program dapat memasukkan string melalui keyboard atau program dapat menampilkan string.
  • Class JLabel merupakan komponen grafis untuk menampilkan teks-teks pendek yang tidak dapat diedit, image atau keduanya. JLabel berfungsi memberikan keterangan atau informasi pada komponen Java lain (umumnya obyek dari kelas JTextField). Maka untuk tulisan sebagai penjelas informasi dapat diwakili oleh Class JLabel.
  • Class JButton merupakan salah satu komponen swing yang terletak di paket javax.swing. Komponen button hanya dapat memicu action event (event dari Class ActionEvent). suatu tombol untuk memberi kesempatan user melakukan pemrosesan yang dapat diwakili oleh Class JButton.

Simulasi Penggunaan komponen swing: Class JTextField, JButton dan JLabel 

Setelah kita mengetahui fungsi dari komponen swing yang akan kita bahas kali ini, maka kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk mempraktekan langsung pada Java Netbeans. Disini saya menggunakan Java Netbeans versi 8.2, kalian bisa menyesuaikan dengan versi yang kalian miliki. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

pertama-tama buka aplikasi Netbeans 8.2 yang telah Anda install dan tunggu proses loading.

Setelah aplikasi Netbeans terbuka kemudian klik menu File dan kemudian pilih New Project atau Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan cara Ctrl+Shift+N maka setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini.

setelah muncul tampilan Choose Project seperti gambar dibawah maka pilih kategori Java dan pilih Java Application dan klik Next.

Setelah muncul tampilan Name and Location seperti gambar diatas maka Anda akan disediakan form untuk mengisi Project Name dan Project Location. Anda dapat mengisi project name dan project location sesuai yang anda inginkan, kemudian disini saya unceklis untuk Create Main Class dengan bertujuan agar tidak membuat main class secara otomatis karena kita akan membuat secara manual dan setelah itu klik Finish.

Setelah itu Anda dapat klik kanan pada Source Packages pilih New dan kemudian pilih JFrame Form untuk membuat form, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Gambar diatas merupakan tampilan untuk pemberian nama Class dan Package yang akan kita buat, kalian dapat mengisinya sesuai dengan apa yang kalian inginkan, disini saya mengisi Class Name dengan konversiMain dan untuk Package dengan GUI. Jika kalian telah mengisinya ada dapat melanjutkannya dengan klik Finish.

Setelah itu maka akan muncul seperti gambar diatas, kemudian kita akan menggunakan class JTextField, JButton dan JLabel, silahkan kalian dapat mendesain sesuai gambar dibawah ini. Dengan catatan kalian dapat mengubah text label dan nama variable dengan cara klik kanan kemudian pilih Edit Text untuk mengedit text, kemudian untuk untuk mengubah nama variable yaitu dengan cara klik kanan kemudian Change Name Variable.

Setelah mendesain seperti gambar diatas, maka selanjutnya memasukan codenya ke dalam aplikasi dengan cara double klik pada button konversi. Kenapa kita memilih pada button karena kita akan memasukkan perhitungan konversi suhunya dalam class jButton. Atau untuk menggunakan Event untuk button kita dapat klik kanan kemudian pilih Action kemudian actionPerformed maka kalian akan dialihkan pada halaman source untuk pengkodean.

setelah kalian dialihkan pada halaman Source untuk pengkodean, silahkan kalian masuk pada actionPerformed pada button yang kalian buat tadi kemudian masukkan source code yang dibirukan seperti gambar yang dibawah. Sedikit penjelasan untuk txtCelcius diambil dari jTextField kemudian untuk labelFahrenheit diambil dari jLabel pada Farenheit.
Setelah selesai menyalin kode diatas silahkan kalian coba run, bisa dengan cara tekan Shift+F6. Jika tidak ada permasalahan yang muncul maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Jika kalian sudah mengikuti tahapan dari awal seharusnya kalian sudah berhasil dalam memahami fungsi dari tiga komponen dasar dari swing begitupun dengan simulasi penggunaan tiga komponen tersebut pada aplikasi sederhana dari konversi suhu yang kita buat. Apabila terdapat error ataupun terkait ulasan yang saya buat, silahkan berkomentar melalui kotak komentar yang disediakan ataupun jika ada saran serta masukkan untuk perbaikan ke depannya saya selalu terbuka dan senang tentunya. Mungkin cukup sekian untuk kesempatan kali ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian sekian dan terima kasih.

1 komentar:

Post Top Ad