PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JRADIOBUTTON DAN JCHECKBOX DI JAVA NETBEANS IDE 8.2 - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Kamis, 02 Mei 2019

PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JRADIOBUTTON DAN JCHECKBOX DI JAVA NETBEANS IDE 8.2

Halo, Apa kabar? semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sesuai dengan janji saya pada postingan sebelumnya kali ini kita melanjutkan pembahasan mengenai komponen dasar pada swing di java netbeans. Jika pada postingan sebelumnya kita membahas komponen swing dari class JTextField, JButton dan JLabel, kali ini kita akan membahas komponen dasar swing yaitu class JRadioButton dan JCheckBox. Untuk kalian yang baru mengikuti dan ingin mengetahui penjelasan dan simulasi penerapan konversi suhu dengan menggunakan komponen swing dengan class  JTextFieldJButton dan JLabel kalian bisa mampir pada ulasan saya sebelumnya.


Sama seperti ulasan sebelumnya, untuk pertama kita akan membagi dua tahapan terlebih dahulu yaitu yang pertama saya akan sedikit menjelaskan gambaran dari fungsi komponen dasar swing dari class JRadioButton dan JCheckBox kemudian untuk tahapan kedua kita akan membuat simulasi penerapan dari class JRadioButton dan JCheckBox itu sendiri dengan tujuan agar kalian lebih memahami perbedaan antara dua komponen tersebut dan agar tahu pada kondisi apa JRadioButton digunakan ataupun pada kondisi apa JCheckBox digunakan.

Penjelasan komponen swing: Class JRadioButton dan JCheckBox 


  • Class JRadioButton merupakan suatu tombol yang digunakan untuk mengambil salah satu pilihan dari banyak pilihan yang tersedia. Class JRadioButton ini biasa digunakan untuk memilih pilihan dari satu kelompok tersebut hanya diperkenankan untuk memilih satu pilihan saja, biasanya berupa jawaban Ya atau Tidak. contoh penggunaan paling sederhana yaitu untuk pemilihan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan atau pemilihan suatu agama atau suku tertentu yang dimana pengguna aplikasi harus memilih salah satu ketentuan tersebut.
  • Class JCheckBox merupakan suatu kelompok pilihan, pilihan bisa dua atau lebih berbeda dengan class JRadioButton dalam class JCheckBox ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk memilih lebih dari satu pilihan tersebut. Contoh penggunaan yang sederhana yaitu dalam pemilihan menu makanan, dalam pemilihan menu makanan tentu kita memungkinkan memesan lebih dari satu pilihan, disaat kita memesan sate kita juga bisa memesan ayam dan steak.

Simulasi Penggunaan komponen swing: Class JRadioButton dan JCheckBox 

Setelah kita mengetahui fungsi dari komponen swing yang akan kita bahas kali ini, maka kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk membuat simulasi sederhana langsung pada Java Netbeans. Disini saya menggunakan Java Netbeans versi 8.2, kalian bisa menyesuaikan dengan versi yang kalian miliki. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

karena ini merupakan simulasi kedua yang kita lakukan, oleh karena itu saya tidak akan terlalu rinci pada tahapan demi tahapan karena saya telah anggap kalian telah bisa untuk pembuatan nama project dan penyimpanan project tersebut. untuk itu tahap pertama silahkan buat nama project sesuai dengan yang kalian inginkan dan save. Setelah memilih nama dan lokasi penyimpanan berkas maka langkah selanjutnya yaitu pembuatan 2 packages yang terdiri dari package form dan code, pembuatan 2 packages ini bertujuan untuk memisahkan antara package untuk tampilan dan package untuk java class nya silahkan lihat gambar dibawah.

Setelah pembuatan 2 packages langkah selanjutnya yaitu membuat satu java class disetiap package, untuk package code berisi menu.java sedangkan untuk package form berisi formMenu. Setelah membuat 2 file tersebut maka pertama kita masuk ke formMenu untuk mendesain tampilannya. Anda dapat menyesuaikan seperti gambar dibawah ini dan untuk nama variable setiap swing tidak akan saya bahas, anda dapat melihatnya dicoding nanti.

Setelah menyesuaikan dengan tampilan yang diatas langkah selanjutnya yaitu kita masuk ke menu.java yang berada pada package code yang bertujuan untuk memasukan rumus perhitungannya. silahkan ketikkan coding seperti dibawah ini.


Setelah memasukkan coding pada menu.java kita balik lagi ke formMenu.java. disini yang akan kita buat pertama yaitu fungsi Check Box dari Nasi Goreng, silahkan salin coding seperti gambar dibawah ini.

Kemudian yang kedua yaitu membuat fungsi Check Box dari Ayam Bakar, silahkan salin coding seperti gambar dibawah ini.

Kemudian yang ketiga yaitu membuat fungsi Check Box dari Pecel Lele, silahkan salin coding seperti gambar dibawah ini.

Kemudian yang keempat yaitu membuat fungsi Check Box dari Sea Food, silahkan salin coding seperti gambar dibawah ini.

Setelah membuat fungsi untuk check box maka langkah selanjutnya yaitu membuat fungsi button klik. Untuk fungsi radio button juga disimpan dalam fungsi ini, silahkan salin coding seperti dibawah ini.


Kemudian langkah selanjutnya yaitu membuat fungsi button klik untuk menghapus history atau mengkosongkan seperti semula. Silahkan salin coding dibawah ini.

Dan jika telah selesai mengikuti tahapan diatas serta menyalin coding dengan benar, silahkan kalian coba run atau jalankan aplikasinya. Jika tidak ada permasalahan atau error yang muncul maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.


Membuat keempat fungsi check box diatas yaitu bertujuan jika kita memilih check box tersebut maka text field akan menjadi dapat diisi dan jumlahnya akan berubah menjadi 1 sedangkan jika tidak diisi maka text field tidak akan dapat diisi dengan jumlah tetap nol.

Jika kalian sudah mengikuti tahapan dari awal seharusnya kalian sudah berhasil dalam memahami fungsi dari tiga komponen dasar dari swing begitupun dengan simulasi penggunaan tiga komponen tersebut pada aplikasi sederhana dari konversi suhu yang kita buat. Apabila terdapat error ataupun terkait ulasan yang saya buat, silahkan berkomentar melalui kotak komentar yang disediakan ataupun jika ada saran serta masukkan untuk perbaikan ke depannya saya selalu terbuka dan senang tentunya. Mungkin cukup sekian untuk kesempatan kali ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian, sampai juga diulasan selanjutnya sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad