PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JTABBEDPANE DAN KOTAK DIALOG DI JAVA NETBEANS IDE 8.2 - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Selasa, 07 Mei 2019

PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JTABBEDPANE DAN KOTAK DIALOG DI JAVA NETBEANS IDE 8.2

Halo, Apa kabar? semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sesuai dengan janji saya pada ulasan sebelumnya kali ini kita melanjutkan pembahasan mengenai komponen dasar pada swing di java netbeans. Jika pada postingan sebelumnya kita membahas komponen swing dari class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem, kali ini kita akan membahas komponen dasar swing yaitu class JTabbedPane dan Kotak Dialog. Karena ini merupakan ulasan terakhir untuk pengenalan komponen dasar swing jadi untuk kalian yang baru mengikuti dan ingin mengetahui penjelasan beberapa dari komponen swing lainnya dan juga simulasi penggunaan komponen swing pada aplikasi sederhana kalian bisa mampir pada ulasan saya sebelumnya.

Sama halnya dengan ulasan-ulasan sebelumnya, untuk pertama kita akan membagi dua tahapan terlebih dahulu yaitu yang pertama saya akan sedikit menjelaskan gambaran dari fungsi komponen dasar swing pada class JTabbedPane dan Kotak Dialog kemudian untuk tahapan kedua kita akan membuat simulasi penerapan pada class JTabbedPane dan Kotak Dialog dengan tujuan agar tahu pada kondisi apa class komponen tersebut digunakan.

Penjelasan komponen dasar swing: JTabbedPane dan Kotak Dialog

Class JTabbedPane merupakan komponen grafis penting yang digunakan untuk menyusun dan mengelompokkan berbagai komponen Java lain ke dalam lapisan-lapisan (layers). Ketika obyek kelas JTabbedPane dimunculkan, hanya satu lapisan (one layer) yang ditampilkan. Untuk berpindah dari satu lapisan ke lapisan lain, Anda cukup mengklik pada tab yang diinginkan. JTabbedPane ini termasuk container classes yang terletak di paket javax.swing. Untuk dapat meletakkan komponen Java, Anda terlebih dahulu menyusunnnya ke dalam class JPanel dan kemudian meletakkan panel tersebut ke dalam obyek tabbed pane. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent.

Kotak Dialog cukup penting dalam aplikasi yang dikembangkan dalam dengan bahasa pemrograman java, sebab melalui kotak dialog ini aplikasi bisa berkomunikasi dengan pengguna. Kotak Dialog bersifat modal, artinya saat kotak dialog muncul maka akan semua jendela yang saat itu sedang terbuka akan menjadi inactive hingga nanti kotak dialog tersebut ditutup. Pembuatan kotak dialog dalam swing mengacu pada Class JOptionPane, sehingga untuk mengaksesnya dibutuhkan statemen : import javax.swing.JOptionPane.

Terdapat berbagai macam kotak dialog, akan tetapi yang akan dibahas pada praktikum ini ada tiga macam, yaitu Kotak dialog sederhana (hanya memunculkan tombol OK), kotak dialog konfirmasi (bisa memunculkan Yes, No dan Cancel) serta kotak dialog pilihan.

Simulasi penggunaan komponen swing: Class JTabbedPane dan Kotak Dialog

Setelah kita mengetahui fungsi dari komponen swing yang akan kita bahas kali ini, agar kalian lebih memahami tentang komponen dasar swing pada class JTabbedPane dan Kotak Dialog maka kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap dua untuk membuat aplikasi sederhana penggunaan komponen tersebut pada Java Netbeans. Disini saya menggunakan Java Netbeans versi 8.2, kalian bisa menyesuaikan dengan versi yang kalian miliki. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

pertama-tama silahkan kalian buat project sesuai dengan nama yang kalian inginkan, seperti biasa sama halnya pada project sebelumnya untuk bagian Name and Location silahkan kalian unceklis pada Create Main Class dengan bertujuan agar tidak membuat main class secara otomatis karena kita akan membuat secara manual dan setelah itu klik Finish.
Setelah memilih mana dan lokasi penyimpanan file maka langkah selanjutnya yaitu pembuatan satu packages form yang bertujuan untuk menampung jFrame Form yang akan kita buat. Kemudian buat satu class java jFrame Form yaitu formMenuUtama.java.

Setelah membuat satu class file tersebut maka pertama kita masuk ke formMenuUtama.java untuk mendesain tampilannya. Anda dapat tambahkan jTabbedPane.

Setelah menambah jTabbedPane, Kemudian di dalam TabbedPane tersebut tambahkan Class JPanel sehingga akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Setelah muncul tampilan tabnya maka Anda edit text tab1 dengan “Simple Dialog” dan tambahkan dua tab kembali dengan cara tambahkan JPanel ke dalam JTabbedPane dan edit text juga pada tab2 dan tab3.

Jika telah membuat Tab Menu seperti diatas maka langkah selanjutnya yaitu menambahkan dua button didalam Simple Dialog.

Kemudian tambahkan juga dua button didalam Confirm Dialog.

Kemudian tambah juga tiga button didalam Options Dialog.

Setelah selesai menambahkan dua button didalam Simple Dialog, dua button didalam Confirm Dialog, tiga button didalam Options Dialog maka langkah selanjutnya yaitu membuat events untuk semua button yang telah dibuat. Yang pertama kita masuk pada Simple Dialog dan tambahkan kode seperti dibawah ini.

Kemudian kita masuk ke tab yang kedua yaitu Confirm Dialog dan tambahkan juga kode dibawah pada button pertama (Yes / No).

Kemudian tambahkan juga kode dibawah untuk button kedua atau button Yes/ No/ Cancel.

Kemudian masuk pada tab yang ketiga yaitu Options Dialog, kemudian Anda buat events pada button pertama (button Custom Yes/ No/ Cancel) dan tambahkan kode seperti gambar dibawah ini.

Kemudian Anda buat events pada button yang kedua (button Pilihan List) dan salin kode dibawah ini.

Kemudian yang terakhir Anda masuk juga pada button ketiga (button Pilihan Isi) dan tambahkan juga kode dibawah ini.


Jika telah selesai menambahkan kode yang sesuai seperti diatas maka sekarang kita dapat coba menjalankan aplikasi yang telah kita buat. Silahkan Anda dapat coba satu persatu dan Jika tidak ada permasalahan yang muncul maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Jika kalian sudah mengikuti tahapan dari awal seharusnya kalian sudah berhasil dalam memahami fungsi dari tiga komponen dasar dari swing begitupun dengan simulasi penggunaan komponen tersebut pada aplikasi sederhana. Apabila terdapat error ataupun apa saja yang terkait mengenai ulasan yang saya buat, silahkan berkomentar melalui kotak komentar yang disediakan ataupun jika ada saran serta masukkan untuk perbaikan ke depannya saya selalu terbuka dan senang tentunya. Mungkin cukup sekian untuk kesempatan kali ini yang dapat saya sampaikan mengenai penggunaan komponen dasar swing, semoga bermanfaat untuk kalian, sampai juga diulasan lainnya sekian dan terima kasih.

2 komentar:

  1. Maaf pak saya mau bertanya, ko saya pas masukin button nya di simple dialog/konfirmasi dialog/ option dialog ga kaya punya bapak ya, jadi kalo di saya malah pada numpuk pak. Gimana caranya ya pak biar ga numpuk , biar kaya disen bapk pak. Mohon bimbingannya pak

    BalasHapus

Post Top Ad