KHAS NGABUBURIT DAN BERBAGI TAKJIL DI BULAN RAMADHAN - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Rabu, 08 Mei 2019

KHAS NGABUBURIT DAN BERBAGI TAKJIL DI BULAN RAMADHAN

Halo, Apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Di Indonesia khususnya di bulan Ramadhan kita tidak asing lagi dengan kata ngabuburit, pada awalnya kata ngabuburit biasa dikatakan oleh orang daerah jawa barat atau khususnya daerah ditatar sunda. Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi informasi khususnya dalam media melalui dunia maya, media digital maupun media cetak kini kata ngabuburit dikenal bukan hanya saja didaerah Jawa Barat, namun sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengenal kata ngabuburit.

Bahkan banyak media digital yang menggunakan kata ngabuburit untuk digunakan sebagai topik pada bulan ramadhan. Sehingga istilah ngabuburit itu sendiri menjadi kata baku atau lumrah dan tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia khususnya orang muslim yang menunaikan puasa. Maka dengan begitu sebenarnya ngabuburit itu apa? Apa saja kegiatan yang sering dilakukan? disini kita akan bahas satu persatu.

Apa itu Ngabuburit

Secara bahasa Ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang berasal dari kata burit (yang artinya sore hari), sedangkan untuk kata nga biasa digunakan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas, bisa juga nga untuk menunjukan kata kerja dan suku kata bu menunjukan pengulangan atau aktivitas yang diulang. Sehingga Ngabuburit dapat kita artikan sebagai suatu aktivitas untuk menunggu sore hari.
Kebanyakan orang sering dikaitkan sebagai menunggu waktu berbuka puasa, biasanya kebanyakan orang melakukan aktivitas atau kegiatan sambil menunngu Adzan Maghrib berkumandang untuk berbuka puasa. Namun sebenarnya istilah Ngabuburit itu sendiri tidak ada kaitannya dengan bulan puasa saja.

Apa saja kegiatan Ngabuburit

Jika kita lihat dari masa lalu, waktu itu kebanyakan masyarakat menghabiskan waktu Ngabuburit didalam surau atau mesjid, karena kata Ngabuburit ini dikaitkan dengan bulan Ramadhan tentu ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan seperti pengajian umum, membaca kitab suci Al-Quran, mendengaekan ceramah dan berbagai macam kegiatan lainnya dengan bertujuan untuk menuai keberkahan selama bulan suci Ramadhan.

Pada saat ini kata Ngabuburit itu sendiri sudah menjadi kebiasaan atau suatu tradisi yang tidak bisa dilepas begitu saja dari bulan Ramadhan. kata Ngabuburit itu sendiri saat ini menjadi istilah yang lumrah dikalangan umat muslim di Indonesia. Banyak sekali kegiatan Ngabuburit yang dilakukan saat ini, saat ini banyak masyarakat keluar rumah untuk Ngabuburit dengan tujuan sekedar mencari makanan dan minuman untuk berbuka. Bahkan jika banyak juga komunitas atau sekelompok orang mengadakan Ngabuburit bareng dengan berbagi ilmu atau sekedar ngobrol.

Berbagi dan Mencari Takjil

Di Bulan Ramadhan ini selalu membuat masyarakat untuk berlomba dalam kebaikan, selain ibadah dan berbagai hal baik didalamnya ada salah satu ciri khas yang sering dilakukan ketika bulan suci Ramadhan datang yaitu takjil. kegiatan membagikan takjil ini merupakan suatu kegiatan yang khas pada Ramadhan ini, biasanya masyarakat membagikan takjil ditempat-tempat tertentu seperti masjid ataupun ditempat yang ramai dilalui orang seperti dijalanan. Biasanya membagikan takjil ini dilakukan pada jam-jam menuju berbuka puasa.

Banyak yang menantikan momen seperi ini, baik itu orang yang ingin berbagi takjil atupun orang yang mencari takjil untuk berbuka. Sayangnya, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa takjil ini merupakan istilah yang digunakan untuk mengartikan makanan atau sajian untuk berbuka puasa. Jika takjil ini sering dikaitkan dengan puasa maka sering kata yang muncul adalah kurma, kolak, sop buah, es kelapa muda dan lainnya. Padahal pengertian takjil tidak seperti itu, Takjil merupakan sebuah kosakata yang berasal dari Arab yang artinya menyegerakan. Dalam pengertian ini, maka takjil diartikan sebagai yang menyegerakan untuk berbuka puasa. Karena dalam agama islam, berbuka dengan yang manis merupakan anjuran.

Maka jika kita tarik kesimpulan tentang takjil ini bisa saja ada kaitannya dalam berbuka puasa, karena berbuka dengan yang manis atau menyegarkan merupakan anjuran. walaupun kata takjil ini memiliki arti yang menyegarkan, akan tetapi dikalangan masyarakat khususnya Indonesia takjil ini sudah menjadi makna makanan untuk berbuka puasa dan jika kita melakukan kegiatan Ngabuburit maka mencari takjil ini merupakan salah satunya.

Tentu jika kita mengambil kesimpulan pada istilah Ngabuburit itu sendiri tidak ada batasan bagi seseorang untuk melakukan aktivitas apapun untuk sambil menunggu hingga waktunya berbuka puasa. Bahkan saya pun saat ini melakukan Ngabuburit dengan cara menulis ulasan ini. Mungkin itu saja ulasan mengenai Ngabuburit menurut pandangan saya, kalian mungkin ada pandangan lain mengenai ngabuburit atau memiliki kegiatan Ngabuburit lain yang lebih seru, menyenangkan dan bermanfaat, silahkan kalian bisa mengisi komentar yang disediakan.

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin ngabuburit, ternyata ada loh kegiatan ngabuburit yang bermanfaat dan diklaim bisa bikin kaya. Cek di sini ya man teman: Kegiatan ngabuburit yang berfaedah dan bikin kaya

    BalasHapus

Post Top Ad