PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JMENUBAR, JMENU DAN JMENUITEM DI JAVA NETBEANS IDE 8.2 - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Senin, 06 Mei 2019

PENGENALAN DASAR SWING: CLASS JMENUBAR, JMENU DAN JMENUITEM DI JAVA NETBEANS IDE 8.2

Halo, Apa kabar? semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sesuai dengan janji saya pada ulasan sebelumnya kali ini kita melanjutkan pembahasan mengenai komponen dasar pada swing di java netbeans. Jika pada postingan sebelumnya kita membahas komponen swing dari class JProgressBar, kali ini kita akan membahas komponen dasar swing yaitu class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem. Untuk kalian yang baru mengikuti dan ingin mengetahui penjelasan beberapa dari komponen swing dan juga simulasi penggunaan komponen swing pada aplikasi sederhana kalian bisa mampir pada ulasan saya sebelumnya.

Sama halnya dengan ulasan-ulasan sebelumnya, untuk pertama kita akan membagi dua tahapan terlebih dahulu yaitu yang pertama saya akan sedikit menjelaskan gambaran dari fungsi komponen dasar swing pada class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem kemudian untuk tahapan kedua kita akan membuat simulasi penerapan pada class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem dengan tujuan agar tahu pada kondisi apa class komponen tersebut digunakan.

Penjelasan komponen dasar swing: JmenuBar, Jmenu dan JMenuItem

Baik dari jMenuBar, jMenu ataupun jMenuItem merupakan satu kesatuan atau kumpulan dari beberapa button fungsinya pun hampir sama seperti jButton hanya saja baik dari jMenuBar, jMenu ataupun jMenuItem biasanya ditujukan untuk pilihan pindah halaman satu ke halaman lain. jMenuBar merupakan induknya dari Menu itu sendiri sedangkan turunannya anda bisa gunakan JMenuItem ataupun jMenu. Swing menu ini memudahkan dalam membuat fungsi yang berkelompok, dengan swing menu ini kalian tidak perlu membuat button banyak untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lain dan kemudian darisegi tampilan pun cukup sederhana jika dibandingkan membuat beberapa button kemudian dideretkan.

Simulasi penggunaan komponen swing: Class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem

Setelah kita mengetahui fungsi dari komponen swing yang akan kita bahas kali ini, agar kalian lebih memahami tentang komponen dasar swing pada class JMenuBar, JMenu dan JMenuItem maka kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap dua untuk membuat aplikasi sederhana penggunaan komponen tersebut pada Java Netbeans. Disini saya menggunakan Java Netbeans versi 8.2, kalian bisa menyesuaikan dengan versi yang kalian miliki. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

pertama-tama silahkan kalian buat project sesuai dengan nama yang kalian inginkan, seperti biasa sama halnya pada project sebelumnya untuk bagian Name and Location silahkan kalian unceklis pada Create Main Class dengan bertujuan agar tidak membuat main class secara otomatis karena kita akan membuat secara manual dan setelah itu klik Finish.

Setelah memilih mana dan lokasi penyimpanan file maka langkah selanjutnya yaitu pembuatan satu package form yang bertujuan untuk menampung jFrame Form yang akan kita buat. Kemudian buat empat class java jFrame Form yang terdiri dari formMenuUtama.java, formMenuUtama.java, formMenuBarang.java dan formReport.java.

Setelah membuat dua class file tersebut maka pertama kita masuk ke formMenuUtama.java untuk mendesain tampilannya. kalian dapat menyesuaikan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian jika kalian ingin menambahkan icon pada Menu tersebut maka Anda dapat double click yang kotak putih maka akan muncul halaman pengaturan untuk menambahkan icon.

Setelah membuat tampilan untuk formMenuUtama.java tersebut maka kita juga masuk ke formMasterBarang.java untuk mendesain tampilannya. Kalian dapat menyesuaikan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan ini kalian hanya menambahkan jButton, jLabel dengan tujuan untuk membuat button kembali ke halaman menu utama.

Setelah membuat tampilan untuk formMasterBarang.java tersebut maka kita juga masuk ke formMasterUser.java untuk mendesain tampilannya. Kalian dapat menyesuaikan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan ini kalian juga sama hanya menambahkan jButton, jLabel dengan tujuan untuk membuat button kembali ke halaman menu utama.

Setelah membuat tampilan untuk formMasterUser.java tersebut maka kita juga masuk ke formReport.java untuk mendesain tampilannya. Kalian dapat menyesuaikan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan ini kalian juga sama hanya menambahkan jButton, jLabel dengan tujuan untuk membuat button kembali ke halaman menu utama.

Setelah membuat tampilan untuk formReport.java tersebut maka kita juga masuk ke formMenuUtama.java untuk membuat events atau fungsi mouseClicked. Kalian dapat klik kanan kemudian pilih events lalu pilih mouse dan mouseClicked.

Setelah kalian masuk pada halaman Source maka anda salin kode seperti dibawah ini . kode dibawah akan menjalankan ketika diklik menu report maka formMenuUtama.java akan dispose dan kemudian pindah membuka halaman report.

Kemudian kalian buat juga events klik untuk jMenuItem yang lainnya. Gambar dibawah merupakan events untuk menu item Master Barang, menu item Master User dan untuk menu exit.

Setelah memberikan events pada semua menu maka kita pindah pada formMasterBarang.java dan tambahkan kode seperti dibawah ini.

Tambahkan juga kode tersebut pada button HOME pada formReport.java dan formMasterUser.java. Jika kalian telah selesai mengikuti langkah-langkah diatas serta menyalin code dengan benar, silahkan coba jalankan aplikasinya. Sebagai catatan kalian run pada formMenuUtama.java untuk menjalankan aplikasinya, Jika tidak ada permasalahan yang muncul maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

silahkan kalian coba klik menu Report, jika tidak ada kesalahan maka kalian akan dipindahkan ke halaman Report. Kalian juga dapat mencoba klik button HOME untuk kembali pada menu utama. Silahkan coba juga menu lain yang telah tadi dibuat.

Jika kalian sudah mengikuti tahapan dari awal seharusnya kalian sudah berhasil dalam memahami fungsi dari tiga komponen dasar dari swing begitupun dengan simulasi penggunaan komponen tersebut pada aplikasi sederhana dari pembuatan halaman yang kita buat. Apabila terdapat error ataupun apa saja yang terkait mengenai ulasan yang saya buat, silahkan berkomentar melalui kotak komentar yang disediakan ataupun jika ada saran serta masukkan untuk perbaikan ke depannya saya selalu terbuka dan senang tentunya. Mungkin cukup sekian untuk kesempatan kali ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian, sampai juga diulasan selanjutnya sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad