CARA MENGHUBUNGKAN DATABASE MYSQL DENGAN JAVA NETBEANS MENGGUNAKAN JDBC - Aksara Anggi Ramadan

Post Top Ad

Kamis, 09 Mei 2019

CARA MENGHUBUNGKAN DATABASE MYSQL DENGAN JAVA NETBEANS MENGGUNAKAN JDBC

Halo, Apa kabar? semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Jika sebelumnya kita melakukan sedikit pembahasan mengenai beberapa komponen dasar pada swing di java netbeans, maka pada ulasan kali ini kita akan mencoba membuat sebuah ulasan yang cukup penting. Ulasan kali ini merupakan salah satu langkah awal jika kalian ingin membuat sebuah aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data didalamnya. Sesuai dengan judul pada ulasan kali ini, kita akan memcoba menghubungkan database dengan project java netbeans dengan menggunakan JDBC.

Sama halnya dengan ulasan-ulasan sebelumnya mengenai pengenalan komponen swing, disini saya akan membagi menjadi dua tahapan. yang pertama yaitu pengenalan apa itu JDBC dan tahap yang kedua yaitu kita memcoba menghubungkan database dengan project java netbeans dengan menggunakan JDBC itu sendiri. Dalam menghubungkan database dengan project java netbeans tentu disini kita membutuhkan server database itu sendiri, disini saya sarankan kalian menggunakan MySQL untuk server databasenya dengan tujuan agar sesuai dengan simulasi yang akan kita praktekkan.


Mengenal JDBC

JDBC  (Java database connectivity) merupakan suatu spesifikasi standar dari JavaSoft  API (Aplication Programming Interface) yang memungkinkan program java untuk mengakses sistem database manajemen. Adapun empat kelas utama pada JDBC sebagai berikut.

Class DriverManager

Pada class DriverManager ini memiliki peranan sangat penting yaitu menyediakan cara mengelola driver database dari berbagai tipe. Peranan utamanya adalah memuat semua driver yang ditemukan di System Property. Ketika sebuah koneksi ke database dibuka, class DriverManager akan memilih driver yang paling tepat dari semua driver-driver yang telah dimuat sebelumnya.

Class Connection

Pada class Connection ini bertujuan untuk mengelola komunikasi antara program project java dan database. Selama koneksi masih terbuka, pernyataan SQL dapat dieksekusi dan hasil eksekusi dapat diperoleh.

Class Statement

Pada class Statement ini berperan untuk meyampaikan pernyataan SQL ke DBMS untuk dieksekusi dan kemudian menerima hasil eksekusi dari DBMS dalam bentuk result set.

Class ResultSet

Pada class ResultSet ini merupakan suatu data yang diminta, hasil eksekusi pernyataan SQL oleh DBMS. Data yang diminta, dikembalikan oleh DBMS dalam bentuk tabel.

Simulasi Menghubungkan Database dengan Java menggunakan JDBC

Setelah kita sedikit membahas mengenai apa itu JDBC dan empat class penting dalam JDBC maka tahap selanjutnya yaitu kita akan membuat memcoba menghubungkan database dengan project java netbeans menggunakan JDBC. Disini saya menggunakan Java Netbeans versi 8.2, kalian bisa menyesuaikan dengan versi yang kalian miliki. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

pertama-tama silahkan kalian buat project sesuai dengan nama yang kalian inginkan, seperti biasa sama halnya pada project pengenalan komponen swing sebelumnya untuk bagian Name and Location silahkan kalian unceklis pada Create Main Class dengan bertujuan agar tidak membuat main class secara otomatis karena kita akan membuat secara manual dan setelah itu klik Finish.

Setelah membuat project seperti diatas maka langkah selanjutnya yaitu import library JDBC karena kita akan menghubungkan project kita dengan database melalui JDBC. Untuk caranya anda klik kanan pada folder Libraries kemudian pilih Add Library, untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Setelah itu akan muncul tampilan menu Add Library maka dapat anda scroll kebawah dan pilih MySQL JDBC Driver kemudian klik add library, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Setelah menambahkan library MySQL JDBC Driver pastikan library tersebut ada dalam folder Libraries, untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar yang dibawah ini.

Setelah selesai menambah Library MySQL JDBC Driver maka tahap selanjutnya yaitu membuat dua packages yang terdiri dari package sesi1 untuk menampung formMain dan package koneksi untuk menampung class koneksiDB. Buatlah seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai membuat package dan class seperi gambar diatas maka tahap selanjutnya yaitu membuat kode untuk menghubungkan database dengan project kita menggunakan JDBC. Buka file koneksiDB.java yang telah kita buat pada package koneksi kemudian untuk kodenya silahkan salin kode yang ada pada gambar dibawah ini.

Kemudian setelah itu buka file formMain.java yang telah kita buat pada package sesi1, klik menu source nya untuk beralih ke halaman source codenya. Untuk kodenya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Setelah selesai menyalin kode diatas silahkan kalian coba run, bisa dengan cara tekan Shift+F6. Jika tidak ada permasalahan yang muncul maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Jika kalian sudah mengikuti tahapan dari awal seharusnya kalian sudah berhasil dalam memahami apa itu JDBC begitupun dengan simulasi menghubungkan database dengan project java menggunakan JDBC tersebut pada aplikasi sederhana. Apabila terdapat error ataupun apa saja yang terkait mengenai ulasan yang saya buat, silahkan berkomentar melalui kotak komentar yang disediakan ataupun jika ada saran serta masukkan untuk perbaikan ke depannya saya selalu terbuka dan senang tentunya. Mungkin cukup sekian untuk kesempatan kali ini yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana cara menghubungkan database dengan java netbeans 8.2 menggunakan JDBC, semoga bermanfaat untuk kalian, sampai juga diulasan lainnya sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad